header-int

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kab. Mojokerto Gelar Rakor Persiapan dan Pelaksanaan Ujian Nasional

Minggu, 15 Mar 2020, 21:20:52 WIB - 153 View
Share
Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kab. Mojokerto Gelar Rakor Persiapan dan Pelaksanaan Ujian Nasional

Ujian Nasional (UN) merupakan kegiatan pamungkas di lembaga sekolah yang dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan. Dirjen dikdasmen ingin hasil UN bisa mendapatkan kepercayaan dari publik bahwa hasilnya bisa dijadikan bahan pertimbangan masuk di perguruan tinggi. Upaya ini menunjukkan hasil yang makin baik. UN yang dulu dilaksanakan Berbasis kertas sekarang sudah dilakukan secara daring atau Berbasis Komputer yang dikenal dengan UNBK. Sebanyak 150 kepala sekolah SMA, SMK, MA, & PK-PLK ( Pendidikan khusus dan Pendidikan Layanan Khusus) hadir di SMKN 1 Dlanggu untuk mengikuti Rakor yang digelar oleh Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa timur Wilayah Kab/ Kota Mojokerto.

Setelah acara pembukaan Nara sumber dari Tim UN menyampaikan beberapa materi. Materi persiapan UNBK disampaikan oleh bapak Mukhammad Kholiq M.Pd selaku pengawas. Dalam paparan, beliau mengingatkan bahwa kepala sekolah harus memastikan segala hal yang berkaitan dengan proses pelaksanaan UNBK. Mulai dari perlengkapan atau alat, peserta, Proktor maupun pengawas. "Bahkan ketersediaan genset generator listrik, sebagai antisipasi listrik PLN jika mati juga harus dipersiapkan. Baik dipakai ataupun tidak." ungkap beliau.

Di materi kedua yang disampaikan oleh bapak Drs. Arifin Subeki, M.Pd selaku pengawas SMA menyampaikan hasil Rakor UN di Kemendikbud Jakarta. "Ujian Nasional yang terakhir akan dilaksanakan tahun ini, harapan nya kita laksanakan dengan sebaik-baiknya agar bisa khusnul khotimah (akhir yang baik). Kita minimalisir pelanggaran pelaksanaan baik oleh peserta ataupun pihak lain. Proses pembelajaran yang dimulai dari pembuatan RPP, Pelaksanaan, Penilaian, Analisis dan Remidial. Inilah tahap penilaian," ungkap beliau. Kegiatan Unas akan diawali jenjang SMK yang dimulai tanggal 16-19 Maret 2020. Untuk jenjang SMA akan dilaksanakan 30-2 April 2020. *(Bid. Humas)

smkn1dlanggu SMKN 1 Dlanggu adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berbasis Teknologi dan Pariwisata untuk mencetak lulusan yang siap menjadi professional muda di bidang teknologi dan pariwisata, berjiwa religius, cinta tanah air serta berwirausaha. Dengan dukungan sumber daya manusia pengajar yang berkuwalitas dan sarana prasarana yang lengkap demi menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri Indonesia
© 2020 SMK Negeri 1 Dlanggu Follow SMK Negeri 1 Dlanggu : Facebook Twitter Linked Youtube