header-int

Disperindag Kab. Mojokerto Laksanakan Pelatihan Wirausaha Tata Boga Tahun 2018 di SMKN 1 Dlanggu

Senin, 16 Apr 2018, 10:17:03 WIB - 214 View
Share
Disperindag Kab. Mojokerto Laksanakan Pelatihan Wirausaha Tata Boga Tahun 2018 di SMKN 1 Dlanggu

"Tata boga atau memasak merupakan kegiatan yang dilakukan oleh para ibu dalam kehidupan sehari-hari. Harapan kami ibu-ibu bisa membuka usaha kuliner atau catering kedepan dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga,"  Maysaroh,SH,M.Si selaku sekertaris Dinas Perindustrian dan perdagangan dalam sambutannya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 9-12 April 2018, bertempat di gedung C dan Lab. Tata Boga SMKN 1 Dlanggu.

Dalam materi hari pertama sanitasi hygiene yang disampaikan Bu. Titis dari dinas kesehatan, memaparkan tentang pentingnya kebersihan mulai dari tempat memasak, bahan mentah, pengolahan makanan dan hasil dari olahan makanan. "Selain itu wadah atau tempat makanan yang berasal dari plastik harus ada logo "food grade" yang khusus untuk tempat makanan. Kalo makanan asam jangan menggunakan tempat yang berasal dari aluminium" jelas Nara sumber.

Selanjutnya materi praktek hari pertama para peserta diberikan materi "Fruit carving" atau mengukir buah dan menyiapkan "Garnish" berbagai hiasan makanan yang berasal dari sayur dan buah-buahan. Serta materi "Leave Folding" atau melipat daun. Pada hari kedua peserta langsung berkumpul di Lab. Tata boga mulai pagi. Menu yang akan dipraktekkan yaitu: Nasi goreng putih, Gurame asam manis dan cah baby kailan. Dengan penuh keseriusan peserta pelatihan menyimak arahan dari tim Tata boga SMKN 1 Dlanggu. Saat praktek mereka juga tidak segan untuk bertanya jika ada hal yang kurang jelas. Materi tentang wirausaha juga didapatkan oleh peserta pelatihan yang diberikan oleh nara sumber dari Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Dilanjutkan dengan menu Sup Jamur es, Daging sapi lada hitam, Chocolate pudding, Ice melon.

Pada hari terakhir, ibu-ibu PKK yang berasal dari Ds. Ngrowo, Kec. Bangsal, Kab. Mojokerto menyelesaikan pelatihan dengan menu Ayam Tuturuga, Fish rolade, Soursop squash. "Kami melatih para peserta untuk bisa menyiapkan menu buat catering. Masakan mulai dari bahan nasi, daging, ikan, sayur dan minuman kita berikan. Selain itu menu "Lunch box" atau nasi kotak juga kita ajarkan, " papar Siti Nurul Aini, M.Pd selaku ketua tim pemateri Tata Boga SMKN 1 Dlanggu.

"Kami berterima kasih kepada Disperindag dan SMKN 1 Dlanggu yang telah membantu kami untuk belajar dalam pelatihan wirausaha tata boga. Pelatihan ini sangat bagus,kami bangga bisa mengikuti pelatihan ini, ungkap Bu Aslikah salah satu peserta.

"Harapan kami setelah pelatihan ini selesai tidak berhenti sampai disini. Ada lanjutan dengan membuat usaha didesa. Itulah harapan besar dari Disperindag," ungkap Bu Anie Sri Wilujeng,S.Sos selaku penanggungjawab kegiatan ini. Kegiatan ini ditutup oleh Kepala SMKN 1 Dlanggu, Muharto, S.Pd,MM yang menyampaikan ucapan terimakasih kepada Disperindag Kab. Mojokerto yang telah mempercayakan kegiatan ini kepada sekolah yg dia pimpin. *(Bid.Humas)

smkn1dlanggu SMKN 1 Dlanggu adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berbasis Teknologi dan Pariwisata untuk mencetak lulusan yang siap menjadi professional muda di bidang teknologi dan pariwisata, berjiwa religius, cinta tanah air serta berwirausaha. Dengan dukungan sumber daya manusia pengajar yang berkuwalitas dan sarana prasarana yang lengkap demi menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri Indonesia
© 2018 SMK Negeri 1 Dlanggu Follow SMK Negeri 1 Dlanggu : Facebook Twitter Linked Youtube