header-int

Gugus Depan 09.33-34 SMKN 1 Dlanggu Respon Cepat Program Sejuta Biopori Kwarda Jawa timur

Rabu, 07 Feb 2018, 23:13:26 WIB - 55 View
Share
Gugus Depan 09.33-34 SMKN 1 Dlanggu Respon Cepat Program Sejuta Biopori Kwarda Jawa timur

Upacara pembukaan pencanangan Program Sejuta Biopori yang diikuti oleh siswa kelas X  dan pengurus Dewan  Ambalan Raden Wijaya berjalan khidmat. "Ini merupakan program Kwartir Daerah Provinsi Jatim yang dilaksanakan oleh kwartir cabang dan diteruskan ke gugus depan," tutur Muharto, Kamabigus SMKN 1 Dlanggu. "Kami ingin menjadi sekolah yang berwawasan lingkungan. Seluruh warga sekolah kami himbau untuk peduli lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan," tambahnya.

Dalam upacara apel Pramuka yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Kab. Mojokerto, DR. H. Jazuli, SH dalam amanatnya menyampaikan apresiasi kepada sekolah dan seluruh siswa yang telah ikut membantu pelaksanaan kegiatan gerakan Sejuta Biopori. Beliau menghimbau agar sebagai seorang Pramuka menjaga alam sekitar dan kelestariannya sebagai mana yang termaktub dalam Dasa Darma Pramuka yang berbunyi "Cinta Alam dan kasih sayang sesama manusia".

Semakin langkanya ruang terbuka hijau menjadi salah satu penyebab terjadinya berbagai bencana, khusus nya  bencana banjir. Daerahdengan penduduk dan lalu lalang kehidupan yang hiruk pikuk membuat sebagian orang tidak menyadari hal penting tentang perawatan lingkungan. Manusia terus saja membangun tanpa henti dan tidak memperdulikan bagaimana efeknya pada lingkungan sekitar.

Hal itu yang kemudian menyebabkan kota-kota besar sering terkena banjir dan beberapa bencana alam yang lain karena bangunan yang terus-terusan dibangun tanpa memperhitungkan efeknya pada alam.

Seorang peneliti dari Institut Pertanian Bogor yang bernama Dr. Kamir Raziudin Brata. Sebagian orang tentu jarang mendengar namanya. Akan tetapi ia adalah orang yang berhasil menemukan metode lubang biopori.

Mungkin sebagian dari anda tidak mengetahui apa itu lubang biopori. Lubang biopori sendiri adalah sebuah lubang silindris yang dibuat masuk ke dalam tanah secara vertikal, sebagai metode resapan air yang tujuannya untuk mengurangi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Prinsip kerja dari lubang biopori ini sendiri adalah meningkatkan daya serap tanah terhadap air yang ada di permukaan dengan cara membuat lubang pada tanah lantas mengisi lubang tanah itu dengan sampah organik. Sampah organik disini bertujuan untuk menghasilkan kompos yang mana, sampah organik ini akan memberikan efek yang baik bagi fauna tanah sekitar lubar bioporis tersebut. maka secara otomatis, tanah akan menjadi lebih subur karena terdapat banyak pori-pori tanah. Selain itu, tanah bisa menyerap air dan tidak mengakibatkan banjir yang bisa merugikan banyak orang.

 Manfaat-manfaat lubang biopori tersebut antara lain;
1. Penyerapan Air

Salah satu manfaat yang paling utama dari diciptakannya lubang biopori adala penyerapan air. Biopori mampu meningkatkan daya serap tanah terhadap air sehingga resiko terjadinya penggenangan air atau banjir dalam skala besar tidak terjadi. Selain itu, air yang tersimpan dalam lubang biopori ini dalam menjaga kelembapan tanah bahkan ketika masa musim kemarau.

Pada prinsipnya, dinding lubang biopori yang dibuat dengan ukuran yang sudah dikalkulasikan secara cermat mampu menghasilkan pori-pori yang kemudian membantu tanah dalam menyerap genangan air yang ada di atasnya.

2. Penanganan limbah organik
Manfaat selanjutnya dari lubang biopori adalah sebagai salah satu bentuk penanganan dari limbah organik atau limbah alam yang bisa di daur ulang dan baik untuk kesehatan tanah. Biopori yang diciptakan ini mampu mengubah sampah organik menjadi kompos dan kemudian mampu mengurangi aktivitas membakar sampah yang tidak baik bagi udara karena bisa mengotori udara. Adapan sampah-sampah organik yang bisa dimasukkan ke dalam lubang biopori ini antara lain adalah sampah taman atau daun dan ranting, sampah dapur atau sisa makanan dan sampah hewani.

3. Kesehatan Tanah
Selain dua fungsi di atas, biopori ini juga mampu membuat tanah lebih sehat. Ia dapat meningkatkan aktifitas organisme dan mikroorganisme tanah. Al itulah yang kemudian membuat kesehatan tanah semakin membaik dan bagus jika hendak ditanami. Organisme dan mikroorganisme tanah sendiri memiliki fungsi penting sebagai pengikat nitrogen dari atmosfer dan detritivora. Pengikatan nitrogen yang dilakukan mikroorganisme dan organisme tersebut meningkatkan kadar nitrogen dan mengakibatkan penggunakan pupuk anorganik berkurang.

4. Meningkatkan kawasan hijau di halaman.
Kawasan hijau ini sangatlah penting dimana pun tempatnya. Apalagi di rumah anda sendiri. Di halaman rumah anda, akan sangat menyenangkan jika setiap pagi anda dapat melihat tanaman hijau di depan rumah anda dan dapat menghirup udara segar tiap pagi dari oksigen yang dikeluarkan pohon-pohonan. (*Bid.Humas)

smkn1dlanggu SMKN 1 Dlanggu adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berbasis Teknologi dan Pariwisata untuk mencetak lulusan yang siap menjadi professional muda di bidang teknologi dan pariwisata, berjiwa religius, cinta tanah air serta berwirausaha. Dengan dukungan sumber daya manusia pengajar yang berkuwalitas dan sarana prasarana yang lengkap demi menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri Indonesia
© 2018 SMK Negeri 1 Dlanggu Follow SMK Negeri 1 Dlanggu : Facebook Twitter Linked Youtube