header-int

Ngopi Pagi, Inspirasi Membangun Negeri

Selasa, 10 Mar 2020, 11:05:57 WIB - 167 View
Share
Ngopi Pagi, Inspirasi Membangun Negeri

Ditengah suasana apapun ngopi menjadi salah satu pilihan yang selalu cocok. Di pagi hari adalah waktu yang sering dipilih untuk ngopi. Para penikmat kopi sekarang mulai bergeser dari yang dulu hanya orang tua atau dewasa, sekarang merambah hampir semua usia. Bahkan anak-anak usia remaja mulai masuk menjadi komunitas pecinta kopi.

Merespon budaya Indonesia yang satu ini, kompetensi Tata boga SMKN 1 Dlanggu menyiapkan siswa dan siswi nya untuk menjadi seorang Barista yang handal. Berbekal pengalaman dari bapak/ ibu guru yang pernah magang di budaya kopi dan juga siswa magang barista di tempat lain, dibukalah ekstra kurikuler Barista. Ekstra ini dilaksanakan setiap sepekan sekali sepulang sekolah di cafe Echo SMKN 1 Dlanggu. Dengan mesin kopi yang dimiliki, semua peserta diajarkan SOP menggunakan mesin kopi. Materi basic pengetahuan tentang kopi, bagaimana cara menyeduh kopi dan bagaimana cara menikmati secangkir kopi. 

Jenis biji kopi yang sangat dikenal di Indonesia ada 2 yaitu: Kopi Arabika dan Robusta. Kopi Arabika memiliki ciri khas Acidity (keasaman), tetap ada rasa manis dan pahit meskipun ringan. Kopi Robusta lebih cenderung Bitherness (kepahitan), tetap ada manis meskipun sekilas. Pengetahuan dasar tentang Barista wajib juga diujikan di UKK (Ujian Kompetensi Keahlian) dikelas XII.

"Produk dari kopi bisa dibuat Espresso (saripati biji kopi), Espresso terdiri dari 3 bagian (heart, body, Crema).  Americano atau kopi hitam yang tekniknya air panas dulu baru Espresso dimasukan kedalam cangkir. Dan berikut nya long black atau dikenal dengan istilah double Espresso. Teknik menghasilkan kopi yang enak ada yang menggunakan Manual brew (menyeduh manual) dan menggunakan mesin kopi. Untuk teknik manual lebih lama karena proses nya menggunakan peralatan manual mulai dari timbangan, alat grinder manual, brewing manual menggunakan kertas filter. Metode seduh kopi manual terdiri dari 4 yaitu: Boiling (perebusan), immersing (perendaman), Pour over (drip) dan Pressuring (mengekstrak kopi dengan tekanan khusus)", Tutur Ayu Ajeng Pratiwi juara 1 LKS Jawa timur bidang Restauran Service.


Seni Art coffe atau yang dikenal dengan latte Art dengan produknya Coffe latte dan Cappucino, menjadi hal paling menarik bagi penikmat kopi. Seorang Barista biasanya memiliki skill menggambar menggunakan foam dari susu. Basicnya ada tiga bentuk yaitu Love, Tulip dan Rosetta. Siswa-siswi tata boga SMKN 1 Dlanggu diharapkan mampu berkompetisi dalam industri pariwisata khususnya boga. 
SMK Bisa
SMK Hebat
SMKN 1 Dlanggu Juara
*(Bid Humas)

smkn1dlanggu SMKN 1 Dlanggu adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berbasis Teknologi dan Pariwisata untuk mencetak lulusan yang siap menjadi professional muda di bidang teknologi dan pariwisata, berjiwa religius, cinta tanah air serta berwirausaha. Dengan dukungan sumber daya manusia pengajar yang berkuwalitas dan sarana prasarana yang lengkap demi menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri Indonesia
© 2020 SMK Negeri 1 Dlanggu Follow SMK Negeri 1 Dlanggu : Facebook Twitter Linked Youtube