header-int

Revolusi Kualitas Pembelajaran, Seluruh Kompetensi Keahlian Laksanakan Kunjungan Industri Tahun 2020

Rabu, 11 Mar 2020, 13:26:28 WIB - 153 View
Share
Revolusi Kualitas Pembelajaran, Seluruh Kompetensi Keahlian Laksanakan Kunjungan Industri Tahun 2020

SMK Bisa, SMK Hebat.... 
Mencetak sumberdaya manusia hebat tidak semudah membalik telapak tangan. Berbagai hal dilakukan agar peserta didik dapat berkembang secara optimal. Berbagai kegiatan yang akan menunjang bakat dan minat peserta didik dilaksanakan sekolah sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Kunjungan industri menjadi salah satu menu wajib siswa SMK dalam mendapatkan pengalaman secara utuh sebelum mereka melaksanakan program magang atau praktek kerja dan industri. Pertengahan Februari lalu, secara serentak 7 Kompetensi Keahlian melaksanakan program kurikulum yaitu kunjungan industri. Dilaksanakan selama sehari di 2 kota yaitu Surabaya dan Malang.


1. TKJ (Teknik Komputer Jaringan)
Sebagai salah satu kompetensi rumpun TI, peserta didik melaksanakan kunjungan ke Universitas Narotama Surabaya. Pilihan ini berdasarkan hasil survei tim yang sudah dilakukan sebelumnya. Siswa TKJ yang berjumlah 68 anak didampingi dengan guru produktif berkumpul untuk mendengarkan paparan materi terkini dengan judul Internet Of Things (IOT) yang disampaikan oleh dosen Universitas Narotama. Selain itu dilakukan juga penandatanganan MOU (kerjasama) yang bertujuan untuk menambah jejaring dan meningkatkan kualitas pendidikan SMK.

2. MM (Multi Media)
Kompetensi MM memilih Departemen Desain Komunikasi Visual Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (DKV ITS). Yang masuk ke Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital. Rombongan disambut Denny Indrayana Setiyadi S.T, M.Ds. selaku sekertaris Departemen DKV. "Semua perusahaan butuh Multi Media, kelemahan perusahaan kadang belum paham kalau mereka butuh website, Aplikasi dan lain-lain," ungkap Denny. Disana peserta didik diajak untuk memahami bahwa lulusan Multi Media harus peka terhadap kebutuhan perusahaan. Selain materi para siswa juga melakukan kunjungan laboratorium dan melihat karya-karya di departemen DKV.

3. Sija (Sistem Informasi Jaringan dan Aplikasi)
Sija pilih Kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)  dengan mottonya bridge to future. Kampus dengan predikat peringkat 1 Politeknik Se-Indonesia ini awalnya menjadi satu lembaga dengan ITS. Tapi kemudian berdiri sendiri dalam pengembangan dan pengelolaan manajemen. Diikuti 2 kelas X Sija 1 dan 2 kegiatan Kunjungan dipusatkan di Gedung Pasca Sarjana lantai 5. Disambut Humas PENS, rombongan mengikuti kegiatan pembukaan dan outing kampus dan pengenalan laboratorium. Politeknik dengan 9 prodi pilihan ini, membuka banyak kesempatan untuk siswa siswi yang ingin kuliah. "Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PENS yang telah menerima kami untuk melaksanakan kunjungan industri. Kedepan harapan kami bisa meningkat dengan MOU untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasional disekolah kami" ucap Fiki Fahruddin, S.Kom selaku Ketua Kompetensi Keahlian Sija.

4. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)
Didampingi Ketua Kompetensi Keahlian Frans Umila S.Pd sebanyak 68 siswa berkunjung ke Trust Medis Surabaya. Sebagai perusahaan software house yang produknya sudah cukup dikenal yaitu Halo doc, Layanan kesehatan online dll. Semua siswa dikenalkan semua produk software yang sangat membantu pelayanan kesehatan di rumah sakit. Ada modul Admisi, modul Antrian, Modul Rekam medis, Modul rawat inap, Modul rawat darurat. Di kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan perjanjian MOU antara sekolah dengan Trust Medis. Dialog tanya jawab juga berlangsung selama pemaparan materi.

5. Animasi
Sebagai Kompetensi rumpun seni satu-satunya di SMKN 1 Dlanggu, Animasi memilih Mocca Animation sebagai tempat kunjungan. Di sana seluruh peserta diberikan preview oleh pak Irwanto, selaku manajer marketing tentang sejarah singkat Mocca Animation, kemudian pipe Line animasi juga peluang kerja yang tersedia di dunia animasi. Sesi berikutnya pak Novi menyampaikan materi dan informasi terkait software baru yang bernama Zebras. Software ini membantu kita untuk mendetailkan karya seni patung 4Dimensi. Selain itu siswa-siswi juga diberikan waktu untuk bertanya dalam sesi diskusi. Pertanyaan yang muncul diantaranya disampaikan oleh Jesica yaitu tentang apakah film animasi dikerjakan oleh seorang animator atau banyak orang, juga pekerjaan apa saja yang bisa dipilih setelah lulus dari SMK.

6. Akomodasi Perhotelan (APH)
Kompetensi APH sebagai salah satu kompetensi pariwisata memilih melaksanakan Kunjungan industri ke Hotel Royal Singosari Cendana Surabaya. Sesuai jadwal kunjungan diawali pembukaan, dilanjutkan materi Housekeeping. Berikutnya materi Front Office terkait SOP saat handle tamu hotel dan hotel orientasi yang dipandu oleh pak Teguh. Setelah showing hotel seluruh peserta dan guru pendamping melakukan makan siang di ballroom hotel. "Kami berharap kegiatan ini mampu memantapkan semangat para siswa Perhotelan untuk meningkatkan kualitas dan skill nya di bidang perhotelan," ucap Lila suryani M.Pd selaku Ketua Kompetensi Keahlian Perhotelan.

7. TB (Tata Boga)
Hotel Quest sebagai salah satu hotel yang telah bekerjasama dengan SMKN 1 Dlanggu dipilih sebagai tujuan kunjungan. Pukul 09.00 rombongan peserta sampai di lokasi langsung mengikuti kegiatan pembukaan. Setelah itu dilakukan Tour de hotel. Diperlihatkan setiap bagian hotel dan juga kitchen. Berikutnya peserta diajak melaksanakan Table manner yang terdiri dari pengantar teori Table manner, Appetizer, soup, Main Course, dan Dessert. Berikutnya peserta diajak melihat cocktail presentation dan Cooking method presentation. "Dengan kegiatan ini diharapkan seluruh siswa memahami SOP Table manner, gambaran umum sebuah hotel dan peluang kerja yang ada di tata boga", ungkap Eni Kusumastuti, S.Pd selaku Ketua Kompetensi Keahlian Tata boga.

Dari rangkaian kunjungan selama sehari itu, semangat baru untuk memperbaiki kualitas dan skill peserta didik terlihat jelas. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti proses materi dan sharing pengalaman selama kunjungan. *(Bid. Humas)

smkn1dlanggu SMKN 1 Dlanggu adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berbasis Teknologi dan Pariwisata untuk mencetak lulusan yang siap menjadi professional muda di bidang teknologi dan pariwisata, berjiwa religius, cinta tanah air serta berwirausaha. Dengan dukungan sumber daya manusia pengajar yang berkuwalitas dan sarana prasarana yang lengkap demi menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri Indonesia
© 2020 SMK Negeri 1 Dlanggu Follow SMK Negeri 1 Dlanggu : Facebook Twitter Linked Youtube