header-int

Rumah Kreatif BUMN Beri Kesempatan Siswa SMK untuk Mentoring Branding UMKM

Kamis, 11 Okt 2018, 10:56:30 WIB - 54 View
Share
Rumah Kreatif BUMN Beri Kesempatan Siswa SMK untuk Mentoring Branding UMKM

Sebanyak 300 UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) telah bergabung dengan lembaga CSR milik BUMN Pertamina yang diberi nama Rumah Kreatif. Dari 300 itu, 70 diantaranya bergerak di bidang produksi barang dan sisanya bergerak dalam bidang jasa. Persebaran usaha ini berada di wilayah Mojokerto dan Jombang.

Kamis, 11 Oktober 2018 sebanyak 32 siswa Kompetensi keahlian Multimedia berkumpul bersama untuk mendapatkan sharing ilmu dan pengalaman dengan tema branding UMKM. "Siswa kelas XII Multimedia kami berikan tugas untuk proyek akhir semester mapel produktif yaitu: Teknik pengambilan gambar bergerak, Desain Multimedia interaktif, Kerja proyek Multimedia, Teknik pengolahan Audio, Teknik pengolahan Video menjadi sebuah karya lengkap berbentuk branding UMKM. Hal ini juga sebagai bentuk persiapan kerja setelah mereka lulus dari SMK," ungkap Endah Tri Hapsari S.Kom,MT. "Harapan kami nantinya dengan kegiatan sinergi lembaga bisa membuka peluang usaha baru sebagai konsultan branding dan membuka kelas usaha," tambah Ketua Kompetensi Multimedia SMKN 1 Dlanggu ini.

"Kami senang bisa mendapatkan ilmu branding dan ilmu tentang wirausaha disini (RKB). Kami dikenalkan tentang RKB, Cara Marketing, Teknik Foto Produk, dan panduan branding. Setelah proses mentoring dikelas kami diminta mempersiapkan proposal untuk melakukan branding terhadap UMKM yang ditentukan," papar Yulis Nila Sari salah satu peserta mentoring.

Hal senada juga disampaikan Bagoes Adianto kelas XII Multimedia yang juga ikut serta dalam kegiatan itu, dia merasa senang dengan ilmu baru tentang branding mulai awal sampai akhir. "Saya ingin membuka usaha sendiri setelah lulus SMK, semoga ilmu yang yang saya dapatkan hari ini bisa membantu pengembangan usaha saya kedepannya," tutur ketua kelas XII MM 1 itu.

"Bersyukur hari ini ada teman-teman dari National Geographic Indonesia yang akan meliput kegiatan mentoring kita. Ini momentum bagus untuk belajar bersama. Bukan hanya branding produk tapi juga branding identitas,"ujar Muhammad Harir Afandi Supervisor RKB Mojokerto dalam sambutannya.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini memberikan gambaran utuh bahwa UMKM harus bersinergi agar  ekonomi kreatif dinegeri ini semakin menggeliat. *(Bid. Humas)

smkn1dlanggu SMKN 1 Dlanggu adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berbasis Teknologi dan Pariwisata untuk mencetak lulusan yang siap menjadi professional muda di bidang teknologi dan pariwisata, berjiwa religius, cinta tanah air serta berwirausaha. Dengan dukungan sumber daya manusia pengajar yang berkuwalitas dan sarana prasarana yang lengkap demi menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri Indonesia
© 2018 SMK Negeri 1 Dlanggu Follow SMK Negeri 1 Dlanggu : Facebook Twitter Linked Youtube