header-int

Tema Pramitha Bedander, Gajah Mada Menyelamatkan Raja Jayanegara Jadi Unggulan Kirab Agung Bumi Nus

Kamis, 20 Sep 2018, 21:32:25 WIB - 32 View
Share
Tema Pramitha Bedander, Gajah Mada Menyelamatkan Raja Jayanegara  Jadi Unggulan Kirab Agung Bumi Nus

Panas matahari yang terik bulan September, seakan tidak menjadi penghalang semangat para siswa untuk terus berlatih mengolah musik dan gerakan yang akan ditampilkan dalam gelaran kirab. Kirab Agung Bumi Nuswantoro menjadi gelaran tahunan yang mampu menyedot ribuan orang untuk turut menyaksikan sekaligus bernostalgia dengan cerita kebesaran kerajaan Majapahit.

Maha Patih Gajah Mada seakan menjadi ikon seluruh peristiwa yang terjadi dimasa kejayaan kerajaan Majapahit. Mulai awal cerita sampai berakhirnya masa keemasan Majapahit tidak bisa dilepaskan dari peran beliau. Peristiwa fenomenal yang sangat dikenal yaitu Sumpah Amukti Palapa atau sumpah palapa. Sumpah yang akhirnya membawa dampak luar biasa bagi terbentuknya "Nusantara".

Dalam tema yang diberi oleh panitia SMKN 1 Dlanggu akan memerankan episode Pramitha Bedander.
Sinopsis
Dalam pemerintahan Raja Jayanegara panji-panji Majapahit terkoyak oleh ulah Dharma Putra yang dipimpin oleh Rahkuti. Perang pun terjadi dimana-mana. Panji-panji Majapahit dikuasai Dharma Putra. Sementara itu Raja Jayanegara diselamatkan oleh Bekel Mada ke Desa Bedander. Saat sang Raja muda tidur lelap dengan takut yang bertaut lahirlah Bekel Mada perkasa.
Bak kesatria sang Kumba Karna telah bangun dari tidurnya bersama prajurit yang masih setia kepada negeri nya.
Sadumuk bathuk... Sanyari bumi,
Bumi Majapahit harus lestari.
Wahai Bhayangkari
Kumohon kesetiaan mu terhadap negeri ini.
Mari kita rebut kembali panji-panji Majapahit.

" Kami bersyukur dalam event tahunan ini kami masih bisa ikut berkontribusi dalam pelestarian sejarah kerajaan Majapahit. Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh civitas SMKN 1 Dlanggu yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini," ucap Muharto,S.Pd, MM dalam upacara bendera saat mengumumkan kemenangan tim Kemah budaya Majapahit 2018 dan tim Kirab Agung Nuswantoro tahun 2018.
*(Bid. Humas)

smkn1dlanggu SMKN 1 Dlanggu adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berbasis Teknologi dan Pariwisata untuk mencetak lulusan yang siap menjadi professional muda di bidang teknologi dan pariwisata, berjiwa religius, cinta tanah air serta berwirausaha. Dengan dukungan sumber daya manusia pengajar yang berkuwalitas dan sarana prasarana yang lengkap demi menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri Indonesia
© 2018 SMK Negeri 1 Dlanggu Follow SMK Negeri 1 Dlanggu : Facebook Twitter Linked Youtube