header-int

Multimedia

Posted by : Humas SMKN 1 Dlanggu
Share

Definisi Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Hingga saat ini, Multimedia masih merupakan salah satu Kompetensi Keahlian di SMK yang paling banyak diminati karena mempelajari hal-hal yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Hal ini dikarenakan Kompetensi Keahlian Multimedia mempunyai ruang lingkup pekerjaan dan profesi yang luas, bahkan para siswa lulusan Kompetensi Keahlian Multimedia juga memiliki peluang untuk membuka usaha atau berwirausaha sendiri dalam bidang multimedia.

Kompetensi keahlian Multimedia SMKN 1 Dlanggu mengajak siswa mempelajari berbagai jenis kompetensi di bidang multimedia, meliputi kelompok besar desain grafis, audio video, animasi, dan multimedia interaktif.

Visi Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 1 Dlanggu

Menciptakan Sumber Daya Manusia unggul di bidang Multimedia yang diakui/tersertifikasi juga mampu bersaing di dunia kerja, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta dapat berwirausaha.

Misi Kompetensi Keahlian Multimedia SMKN 1 Dlanggu

  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai skill/keterampilan yang diakui dan tersertifikasi dalam bidang desain grafis, desain grafis percetakan, pengolahan audio video, dan animasi;
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai skill/keterampilan yang diakui dan tersertifikasi dalam bidang Multimedia;
  3. Menghasilkan lulusan yang tidak hanya mumpuni dalam skill/ keterampilan di bidang IPTEK akan tetapi juga mempunyai IMTAQ yang bisa dipertanggung jawabkan;
  4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan berwirausaha.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di jenjang pendidikan tinggi.

Materi pelajaran peminatan yang diajarkan pada kompetensi Multimedia yaitu:

1. Simulasi dan Komunikasi Digital

2. Komputer dan Jaringan Dasar

3. Pemrograman Dasar

4. Dasar Desain Grafis

5. Desain Grafis Percetakan

6. Desain Media Interaktif

7. Teknik Animasi 2D dan 3D

8. Teknik Pengolahan Audio dan Video

9. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Pekerjaan-pekerjaan dibidang multimedia memang bisa dibilang sesuatu yang baru, yang berkembang dan muncul setelah semakin berkembangnya teknologi informasi seperti adanya internet, komputer, kamera, gadget, dan berbagai perangkat teknologi komunikasi lainnya. Untuk bisa menemukan pelung usaha bidang multimedia sebenarnya cukup mudah, yakni dengan cara merespons perkembangan teknologi informasi yang ada saat ini, yang sebelumnya hanya sebagai penikmat bagaimana bisa menjadi pembuat, dari pembeli bisa menjadi penjual, dari sekedar penonton menjadi sesuatu yang ditonton, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya adalah bagaimana merubah peran kita, yang sebelumnya hanya sebagai pelaku konsumtif dirubah menjadi sesuatu yang produktif di bidang mulltmedia. Sesuai dengan namanya Multimedia, seseorang yang menekuni bidang ini justru biasanya memiliki banyak peluang karena dapat bekerja dengan banyak media. Tinggal pilih salah satu media yang dikuasai, kemudian dikembangkan dan dimaksimalkan sehingga menjadi sebuah keahlian yang bernilai tinggi. Adapaun peluang usaha bidang multimedia yang bisa dipilih dan dikembangkan misalnya:

  1. Ilustrator
  2. Komikus
  3. Animator
  4. Desainer
  5. Praktisi Periklanan
  6. Industri Kreatif
  7. Desainer Grafis
  8. Script Writer
  9. Film Maker

MoU dengan DU/DI:

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  2. Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK)
  3. Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK)
  4. CV Zona Grafika (Rumah Besar Kemasan)
  5. CV Kalimaya Spekta
  6. CV Wahana Karya
  7. Banyu Advertising
  8. RKB Pertamina

smkn1dlanggu SMKN 1 Dlanggu adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang berbasis Teknologi dan Pariwisata untuk mencetak lulusan yang siap menjadi professional muda di bidang teknologi dan pariwisata, berjiwa religius, cinta tanah air serta berwirausaha. Dengan dukungan sumber daya manusia pengajar yang berkuwalitas dan sarana prasarana yang lengkap demi menjawab kebutuhan dunia usaha dan industri Indonesia
© 2019 SMK Negeri 1 Dlanggu Follow SMK Negeri 1 Dlanggu : Facebook Twitter Linked Youtube